Rabu, 03 April 2013

Yang Pedas Pedas! :)

Iseng-iseng mau review sambal-sambal yang pernah dicoba ahhh....

Soal sambal gue favorit buangeet,tapi bikinnya suka malaaas hahaha gue termasuk penganut sambal itu kudu diulek,jadi kalau udah pakai food processor it's not so yummy anymore,tapi mungkin tergantung teknik aja kali yaa..mana kita tahu yang di resto pakai food processor atau diulek semua *gempor ga si ngulek semua hihihi*

Eniweeii...berikut review sambal CABAI ASLI  * bukan saos* botolan yang dijual di pasaran :) semoga membantu pecinta sambal memilih sambal paling HOT :D

1. Sambal Lado Christine Hakim

Ini sambal baru banget gue cobain,ada dalam cabai merah dan cabai hijau. Untuk Sambal Lado cabai Merah,tingkat kepedasan dari 1-10 cuma 5 cabe,rasa gurihnya oke cuma kurang nendang spicesnya.Nah untuk Sambal Lado Cabai Hijau ini yang Muantaaap Tenaan..uenaake poll..buat yang kangen makan apapun dibumbu cabe ijo,rasanya enak pas dengan harum daun jeruk dan sedikit asam yang gue kira-kira mungkin pakai sedikit jeruk nipis. Yummy deh,kalau ke Padang jangan lupa beli ini ^^
Tingkat kepedasan Sambal Lado Hijau : 8 cabe

2. Sambal Roa Judes 

Sambal ini juga baru nyobain,pas nyoba enak deh,pedasnya pas,rasanya gurih banget dari ikan asapnya,makanya dengan nasi aja sudah cukup banget makan sambal ini *hati-hati yang diet hihi* ,selain itu enak juga dimakan dengan mie goreng,dan lauk-lauk gorengan yang simple,kalau orang Menado sih katanya makan pakai pisang goreng ya hehehe cuma belum pernah cobain :) harga sekitar 35-40rb/botol
Tingkat kepedasan 1-10 : 9 cabe

3. Sambal Matah Api

Gue penasaran sama sambal ini,kebetulan aku juga pecinta sambal matah Bali,jadi walaupun harganya lumayan mahal sekitar 75rb/botol aku beli deh. Buat pecinta pedas sih kurang nendang pake banget ya,rasa cabenya kebanting sama mentega+lemon. Cocoknya dimakan sama ikan yang plain,dan ga pakai apa-apa lagi hehehe ( gue bilang ini karena rasanya enak,bisa buat bumbu makanan plain ^^ ) dan untuk yang lidahnya rada baal kaya gue bisa pesen Extra Spicy yaaa
Tingkat kepedasan 1-10: 3 (pengalaman pertama as i mentioned kurang nendang) tapi tyt Lo bisa request level pedasnya ke Sambal matah api (see comments below) ^^ 

4. Sambal Bawang Boyya

Sambal ala bu Rudy keluaran Boyya ini lebih nendang loh! seriuss hehehe buat pecinta pedas gurih,ini maknyuus,pakai apapun enaak,tapi agak susah ya dapatnya di Jakarta,nunggu oleh-oleh dari Surabaya hehehe
Tingkat kepedasan 1-10: 9 cabe

5. Sambal Bu Rudy

Sambal bu rudy ini terkenal banget ya,gue sendiri pas nyoba yaa..lumayan tapi rasanya ga nendang dibanding bikin sendiri *google aja resepnya* :) ,pedasnya nanggung,tapi okelah buat mild tongue hehehe untuk yang suka sambal tipe ini lebih baik yang sambal Boyya seperti review sebelumnya :)
Tingkat kepedasan 1-10 : 6 cabe

6. Sambal Terasi ABC

hahaha sambal ini direview juga yak,ya kali aja ada yang belum pernah cobain :p pertama kali lihat sempat under estimate soalnya biasa sambal buatan pabrik besar ga seenak buat fresh lah yaa...etapi gue salah hehehe sambal ini enaak,rasanya pas,tapi terus terang makan ini ga nikmat tanpa lauk,lauk paling tepat buat sambal ini adalah makanan yang dibakar,ayam atau ikan,dijamin bantu upgrade rasa hihihi
Tingkat kepedasan 1-10 : 5 cabe

Yak segini dulu,eksplorasi sambal botolannya,kalau ada yang punya info sambal menarik lainnya,monggo looh info ke saya hihihi *siapin new diatab* :p


5 komentar:

  1. Hi mbak Chitra, terima kasih untuk review Sambal Matah Api-nya :)

    Mengenai tingkat kepedasan, memang terkadang suka berbeda antara satu batch dengan batch lainnya, karena sambal dibuat (dan bahan2nya dibeli) fresh di hari pengiriman. Dan ternyata, tergantung cabainya, kadang pedas, kadang agak kurang (kl lg sering hujan somehow suka jadi kurang pedas). Jadi tingkat kepedasannya jg suka berbeda walaupun pakai komposisi yg sama .

    Semoga walaupun dirasakan kurang sesuai untuk kepedasannya, tapi untuk rasa tetap suka :))

    Terima kasih sekali lagi ya

    Salam, Miranti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Miranti,untuk rasa enak ko mbak,tapi memang lidah saya juga kali ya terlalu baaal alias kebiasa yang sudah terlalu pedas hihi makasi infonya tetang cabai,terus terang saya baru tahu loh cuaca mempengaruhi juga ^_^ oya untuk kualitas bahan oke banget,kelihatan yang dipilih bahannya fresh,oiya kalau saya akhirnya selain untuk seafood,pernah buat Spaghetti Aglio Olio alias Spaghetti lansung ditumis dengan Sambal Matah Apinya,enaak deh :D

      Hapus
    2. Tengkyu mbak Chitra...sempet deg2an tadi takut ngecewain yg sudah beli sambalnya :D. Input yang bagus ini mbak, memang untuk orang2 yg tahan pedesnya level dewa, sambal matah api dirasa kurang nendang level pedesnya :)), jadi sekarang saya bikin supaya pemesan bisa special request untuk dibuat extra spicy :).

      Terima kasih sekali lagi ya mbak Chitra untuk reviewnya, really appreciate it :)

      btw, iya memang kayaknya pengaruh ya soal cuaca...contohnya kalo kita makan gorengan pakai rawit, kadang kan dapet yg pedes banget rawitnya, kadang gak pedes sama sekali....tp dulu gak merhatiin kenapanya hehehe

      Hapus
    3. ^^ ohhh okee,kalau pesanan selanjutnya nt aku pesan extra spicy *catet* hihi,makasi responnya ya mbak ;) nt aku edit deh diatas bisa pesan level pedasnya ;)

      Hapus
  2. Dear M'Chitra,

    Terima kasih reviewnya tentang sambel RoaJuDes.

    Salam
    Juragan

    BalasHapus