Rabu, 27 Maret 2013

Wisata Half Day to Bogor

Awalnya  muncul ide jalan-jalan ke Bogor tanpa mobil itu gara-gara Raffa beberapa kali lihat kereta listrik lewat di Klender,dan setiap kali lihat kereta itu dia pasti bilang "mau..mau..naik kereta" akhirnya kita janjiin deh naik kereta listrik dengan tujuan yang paling asik ya ..ke Bogor,sekalian refreshing ceritanya,butek lihat jalan Jakarta hahaha

Sejak dijanjiin naik kereta,sampai hari Minggu ga berhenti-henti Raffa tanya "kita naik kereta ya ke Bogor?" dan berulang kali kita jelasin..tunggu sampai minggu,ini baru hari XX ...sampe bosen ditanya tiap hari tiap waktu tapi lumayan sih anaknya sekalian belajar hari-hari hehehehe :p

Sampai hari Minggu,Raffa dibangunkan jam setengah 6 (padahal biasa bangun jam 8) cuma dengan bisikan,"pergi yuk..naik kereta!" eh lansung bangun dong dia hahahaha diajak ganti baju etc ga pake ngalor ngidul dulu...ga sabar ya nak naik kereta :)))

Berangkat dari rumah di Pondok Cabe jam 6 sampai stasiun Tanjung Barat paass banget jam 7,hampir ketinggalan kereta hehehe (ada tiap jam sih tapi males nunggu lagi :p ). Bayar tiket murah buanget ke Bogor naik kereta Commuter cuma 9000/orang,sayangnya anak diatas 3th sudah harus bayar,yo wis deh totalnya jadi 27rb untuk transport pergi.

Di stasiun Tanjung Barat

Kereta datang pas 07.08,kita pun naik berangkat ke Bogor. Ada sekitar 10 stasiun yang harus dilewati,tapi perjalanan cuma memakan waktu setengah jam-45 menit kalau dari stasiun Tanjung Barat :) oh ya,kereta pagi tuh dingiiin banget,mungkin karena penumpangnya sedikit,jadi kalau bawa anak kecil atau ga tahan dingin harus bawa jaket deh biar ga masuk angin.

Yang lucu Raffa supeeer excited sampai setiap papasan kereta lain atau ketika pintu kereta buka tutup,dia teriak senang.. "Lihat lihat ada keretaaa!!".."eh..Pintunya TUTUUP" hadeuuuh sampe pada noleh hahaha *tutup muka pake tas* yah maklum lah ga pernah naik kereta,perdana ya gini deh hihihihi

Happy kiddo indeed!! ;)

Oya buat gue naik kereta commuter ini jadi inget kereta MRT Singapore huhuhu jadi kangeeen pengen naik lagi *lo kata wahana tii.. :p * Tapi beneran puas deh naik kereta ini,bersih rapih dan nyaman,higher than my expectation ^^

Dan ga terasa,jam 08.00 kurang kita sudah sampai di Bogor! Wiii segar banget, selain udara,mata pun seger aja lihat pemandangan baru,berasa turis buanget deh :)) *kesian deh yg lama ga liburan hihi*

Pas planning,lihat2 map gugel ada objek wisata namanya Taman Topi,kirain harus naik angkot atau at least jalan kaki rada jauh,ealaa ternyata keluar stasiun tinggal ngesot doong hahahaaha dudul nih om gugel (atau kita yang ga bsbaca peta yak hihi )

Jadiii..buat yang males jalan jauh cukup ke Taman Topi aja kalau anaknya seneng naik atraksi udah cukup bikin mereka hepi deh,tapi berhubung dek Raffa ini ga terlalu suka naik-naik wahana yo wis deh kita ke objek wisata lain.

keluar dari stasiun,berasa banget keluar kota hehehe

Banyak yang jualan kelinci ditawarin 20rb saja seekor masih bisa tawar :)

Tadinya sih mau ke Rumah Air tapi setelah ditimbang-timbang agak jauh walaupun naik angkot takut nyasar sedangkan waktu kita ga banyak,kita putuskan buat ke Kebun Raya Bogor!

Berhubung lagi semangat membara buat jalan,akhirnya kita ga pakai angkot dan jalan kaki ke Kebun Raya. Dan ternyata malah seruuu,karena dalam perjalanan kesana kita sempat kasih makan Kijang di pagar belakang Istana Bogor,ada yang jual wortel rp.2000,- dapet banyak!

Foto sebelum wortelnya kelempar -_-"

Sayang Raffa walaupun senang tapi agak takut-takut kalau didekati kijang,pas kijangnya deketin bukannya dikasih wortel malah spontan wortelnya dilempar sama dia,sampai itu kijang kaget tapi tetap dimakan sih wortelnya :)))

Setelah puas kasih makan Kijang,kita lanjut jalan lagi ke Kebun Raya. Sepanjang perjalanan ke Kebun Raya Bogor,mata gue udah liat kanan kiri,banyak tukang jualan yang kayanya enak-enak bertebaran...huaaa..untung lagi kenyang dan sudah prepare sedikit makanan,jadilah bisa ngerem hekeke tapi sempet nyobain bakpaonya ivan dia beli depan gereja ( lupa nama gerejanya ) masih fresh,nyummyy banget :))

Cukup window shopping kuliner jalanan,kita terus jalan sampai ga terasa sekitar 15 menit jalan dari stasiun kita sudah sampai di Kebun Raya Bogor!

Wiih senang deh lihat ijo-ijo...ijo-ijo pohon maksudnyaa. Dan senang melihat aktivitas di Kebun Raya lebih terstruktur,tempat masuknya lebih bagus :D selain itu ada mobil dengan guide keliling Kebun Raya Bogor.
Buat Biayanya masuk Kebun raya Bogor tiket dewasa rp.14.000,-, balita tidak bayar hehehe total cuma 28.000 sudah bisa menikmati Kebun Raya dan Museum Zoologi. Untuk mobil turnya harus bayar lagi,tapi cuma rp.10.000,-/org diatas 3th bayar,buat yang kecapekan jalan boleh juga sih naik mobil ini trus turun deh di tempat yang dituju hehehe cuma buat yang pertama kali atau udah lama banget ga ke Kebun Raya Bogor,worth it ko naik ini karena jadi tahu sejarah Kebun Raya dan nama-nama taman yang ada di Kebun Raya :)

pintu masuk Kebun Raya Bogor udah keren sekarang :))

Untuk museum Zoologi dari pintu masuk Kebun Raya Bogor kita bisa lansung jalan,jadi bagusnya sebelum naik mobil tur ke museum ini dulu. Koleksi museum Zoologi ini baguus bangeet,komposisi scene tiap hewannya juga rapih terencana tapi sayangnya kurang dinamis penataan displaynya,terkesan lorong ditambah aura bangunan tua dan gelap,lumayan deh bikin agak keder masuk ke museum ini sendirian hehehe *emang guenya yang penakut juga kali ya hekeke* dan Raffa juga tidak terlalu nyaman dengan interior museumnya yang gelap itu,jadilah kita lihat koleksinya agak buru-buru karena Raffa mulai teriak mau keluar :))

Display Informasi Ilmu pengetahuan

hiyaaa lumayan takut liatnya :))

Perlu diacungi jempol deh pengawetan binatangnya :)

Oldskool display :)) but vast information

Tulang Ikan Paus,kebayang kalau ketemu,kita cuma setengah sirip,kesenggol mental kali ya hehehe

Overall,it's nice tapi kayanya udah waktunya untuk buat desain lighting dan interior yang lebih baik hehehe
Dan kekurangan tempat wisata di Indonesia itu,Souvenir Shopnya ga niat hahaha padahal pengen deh beli apa gitu buat kenang-kenangan tapi lihat tokonya kaya koperasi jadi males hehehe :) Just a token for improvement,but we had great times there :D

Setelah Museum Zoologi,naik mobil tur,mulai deh krucuk-krucuk kelaperan,kita pun jalan lagi menuju Kafe Dedaunan. Buat yang mau piknik,area dekat Kafe Dedaunan ini enak banget buat piknik,karena ada area lapangan rumput luas ( sayang lupa namanya apa areanya -_-' ) bisa gelar tikar dan anak-anak bisa lari-larian guling-gulingan,seru deh :D

Oh ya sepanjang jalanan dalam Kebun Raya Bogor bakal kita temuin banyak orang jualan cemilan,jangan lupa cobain es krimnya Kebun raya Bogor,suempah enaaakk hahaha biasanya ga suka es krim,tapi hari itu es krimnya ko nikmat banget ya mungkin faktor panas dan laper hihi,es krim duren cuma rp.1500 totally worth it,Nyam! :9

hasil jepretan Raffa,mamanya mamam es krim dureen ^^ *gula oh gulaaa.. :))

Family Pic,minta tolong orang lewat,ets turis banget dah xD

Another family pic,nyaman banget loh duduk di akarnya :)

Kafe Dedaunan

Anak kecil kesenengan lari-larian,disini nih banyak orang piknik :)

Sampai Kafe Dedaunan sudah lumayan pegel kaki jalan hihihi akhirnya pesan makanan buat Raffa,dan minuman. Pas pesanan datang,agak kecewa karena Fish&Chips yang lumayan harganya rp.35.000,-,porsinya secuil banget itu ikannya,more like Fish Stick ukuran small,vegetablesnya banyak sih tapi ketahuan banget main harganya hehehe yo wis lah yang penting raffa bisa makan dan as always di tiap tempat makan andalannya minum jus melon :)

Selesai santap dan melegakan dahaga dan sedikit selonjoran kaki,kita pun memutuskan buat pulang. Tadinya aku sama ivan mau makan soto mie bogor di warung tenda,tapi karena cuaca tidak memungkinkan,takut hujan deras,kita pun bergegas ke stasiun. Sampai stasiun, kita makan meal yang dibawa dari rumah hihi lumayan jadi hemat karena ga jajan. Untung sih kita pulang pas jam setengah 1 karena ternyata makin siang makin ramai orang pulang,kalau mau sepi kayanya harus diatas jam 4.

Ow..we have such GREAT time for half day at Bogor,bikin kita pengen jalan-jalan backpacking sama Raffa ke negara lain hihi *thanks to the ultra fantastic baby/toddler carrier*

Total kerusakan dihitung-hitung cuma 200rb! Hebat ya..jauh lebih kecil dari pengeluaran kalau ke Mall pas weekend walaupun capeknya lebih dari ke Mal tapi Raffa seneng banget,capeknya terbayar sama senyuman dan teriakan senengnya pas naik kereta dan lari-larian di Kebun Raya Bogor :D

So where should we go next yaa ^^