Jumat, 24 Juli 2009

Some questions answered by the Doc :)

berikut ini pertanyaan ke dokternya,memang tiap bulan sebelum check-up bikin list dulu tuw apa aja yang kita rasain,supaya bisa ditanya2,kadang2 dari buku kita bisa tahu siy,tapi lebih afdol nanya ahlinya dunk,berikut keluhankuw 4 minggu kemarin :

T: Kenapa kaki saya jadi lebih besar ukurannya ya dok,bengkak niy..
J : Oh itu normal,kalau hamil memang tubuh akan menyimpan cairan lebih banyak yang menyebabkan bengkak terutama biasanya di wajah,tangan dan kaki..bisa juga karena terlalucepat naik berat badannya

T: Trus sempet ada nyeri2 di bagian bawah dan samping dok,kenapa ya..
J:rasanya seperti perut ditusuk2,diputas,diperas ( red.*serem amat.. x( ),terus perut yang sakit berasa keras ga,kalo keras kemungkinan kontraksi rahim..
T:wah..lupa dok (red.hallaaahh dudul ),tapi ga sesakit itu si dok cuma,nyeri aja,tp keras atau ga-nya ga tau tuh...
J:yah sakit itu bisa karna macam2 bisa karena otot menyesuaikan dengan rahim sehingga pergerakannya berasa,atau karena sakit perut tapi berasanya seperti nyeri menjalar,nanti cek lagi aja,kalo sakit seperti kontraksi minum obatnya ya..

T:Oh ya,pergelangan tangan saya nyeri dok,ga ilang2 niy,cuma berkurang aja trus tangan suka berasa kaku gt kalo bangun tidur..
J:yah memang kalo ibu hamil biasanya tangan termasuk jari2 setiap bangun tidur akan berasa kaku,ini juga disebabkan penyimpanan air yang tertahan diantara sendi,wajar aja,tiap bangun dipijat2 saja nanti hilang sendiri,kalo yang pergelangan tangan itu juga karna carpal tunnel syndrome,dan untuk ibu hamil karena masalah persendian tadi,hilangnya lebih lama nyerinya...

T:trus kalo jalan walau cuma sejam kenapa cepet capek ya
J:yah kalo yang namanya ibu hamil udah pasti keadaannya ga se-fit waktu sebelum hamil,makanya ada yang bisa sampe kecapeannya sampe pingsan,kalo udah capek jangan diforsir,istirahat saja..

T:dok,buat tahu ada kemungkinan kena pre-eclampsia gimana ya?
J:mudah saja,kalo kaki membengkak,berat badan naik cepat diikuti tekanan darah tinggi (diatas 140 ),ada kemungkinan pre-eclampsia,kaloudah ada gejalanya dites urin buat cek ada protein atau nggak,kalo ada berarti positif pre-eclampsia..
note:pre-eclampsia itu penyakit yang bisa muncul pas hamil,berbahaya buat ibu hamil terutama muncul pada ibu hamil dgn obesitas/berat badan berlebih,bahayanya karena bisa menyebabkan shock karena tingginya tekanan darah dan serangan jantung..
---tapi untungnya pas dicek tekanan darahku normal... hehehe

begitulah wawancara dokter tadi,hehehe semoga infonya membantu yaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar