Rabu, 03 April 2013

How to tackle living CRABS !

Pernah tiba-tiba disodorin kepiting hidup buat dimasak? Well i have,twice...yang pertama masih pemula,semua kepiting hidup lansung dimasukkan ke freezer besar,dan itu kepiting meronta-ronta di dalam hiiiiy...dan ketika pengolahan lebih bodoh lagi dipotong pas mentah jadi cairannya lebih grossy dan tentu saja rasanya ga seenak kalau makan di restoran :))

Pengalaman kedua much better,berbekal pengetahuan sebelumnya,10 kepiting hidup ditaruh dalam ember dikasih air dan garam supaya bisa hidup lebih lama,untuk pengolahannya kalau mengikuti tips trik profesional sih katanya dimasukkan ke kantong taruh di kulkas,tapi karena kulkasku rada  butut,suhunya ga sedingin diharapkan jadilah pas mau dimasak masih ada kepiting yang ga mati suri :)) akhirnya diambil keputusan,kepiting-kepiting lainnya lansung masukkan ke wajan besar berisi air panas! not for the fainted heart of course ! karena kepiting-kepiting itu meronta-ronta,untung untuk tahap ini ada asisten yang bantu hihi

Kalau mengikuti saran professional,lama masak kepiting itu tergantung beratnya,tapi karena malas timbang satu-satu ya wes disamain aja lah direbus 15 menit. Selain direbus,cara yang lebih fresh lagi adalah dikukus tapi untuk masak 10 kepiting aku tak punya kukusan sebesar ituu hehe

Setelah direbus sampai matang,saatnya untuk memotong kepiting. Sebelum dipotong bersihkan lagi kulitnya. Kalau sudah bersih,cara memotongnya bisa dilihat di link berikut :

- Website : http://www.thekitchn.com/how-to-cook-and-clean-dungenes-104352
- Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=TY_xvzYGAWM

Nah,daging kepiting fresh rasanya udah enak bangeet,manis2 gimana gitu :)) tapi buat orang Indonesia kalau ga dibumbuin kurang mantep yaa..kalau gue paling suka dibumbu lada hitam,berikut resepnya :

1 Buah Bawang Bombay besar,iris
5 siung bawang putih,iris tipis
Saus Sambal
Saus Tomat
Lada Hitam Utuh,digiling sedikit jangan terlalu halus
Kecap Manis
Mentega sekitar 3sdm
Gula secukupnya

Tumis bawang bombay dengan mentega,lalu bawang putih,untuk saus2nya perbandingan aja ya Saus Tomat : Saus Sambal : Kecap Manis = 4:1:2,jadi emang banyakan saus tomat ya,lalu masukkan lada+sedikit gula buat menyeimbangkan rasa asin. Kalau terlalu kental tambah sedikiiit aja air,kalau sudah oke rasanya tinggal masukkan kepitingnya :)
Aduk sampai rata bumbunya

Hmm...dijamin enaaak...ga kalah sama kepiting warung tenda hihihi :)) *testimoni ipar*

Ayo cobain masak kepiting,seru loo seseru makannya hehehe :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar