Selasa, 07 Desember 2010

The Urban Mama, Help Me Through My Hardest Time

 
Saya kenal pertama kali forum The Urban Mama, dari blog Anggi Karimuddin ,saat itu saya baru menjadi ibu seorang bayi berumur tiga bulan yang lucu sekali bernama Muhammad Raffa Ranarya. Sedari sebelum melahirkan pun saya mempelajari semua yang terbaik yang seorang ibu bisa lakukan, makanya ketika ternyata saya gagal ASI eksklusif walaupun sudah melakukan konsultasi,memompa tiap dua jam tanpa hasil yang berarti,saya merasa sangat gagal sebagai ibu.Ditambah saya masih merasa asing dengan bayi yang selalu menangis dan sepertinya dia melakukan itu karena benci pada saya,saya semakin depresi dan tiap hari menangis dan malu bertemu orang lain karena takut dilabel sebagai “ibu yang gagal” dan anak saya tidak punya masa depan.
Alhamdulillah, Allah memberikan pencerahan buat saya,tidak sengaja saya menemukan forum The Urban Mama yang beda dari semua forum yang pernah saya ikuti,apa bedanya?
Dari awal saya membaca taglinenya ‘there is always a different story in every parenting style’ saya sudah tertarik dan makin membaca forum dan artikel-artikelnya saya semakin senang, Ibu-ibu disini benar-benar open minded,tidak ‘judgemental’,dan yang paling penting semua ‘mendengar’. Karena yang saya butuhkan saat itu adalah teman-teman sesama ibu yang mau mendengar,daripada hanya memberikan opini yang makin melukai. Saya menemukan ibu-ibu yang hebat yang ternyata juga mengalami Baby Blues dan sebagian besar mengalami kejadian yang serupa dengan saya bahkan lebih buruk,saya jadi merasa malu karena sudah terpuruk sedangkan orang-orang ini bisa begitu kuat dan tetap menjadi ibu yang baik.
Sejak saat itu walaupun tidak banyak meninggalkan jejak komentar,saya selalu membaca forum-forum yang penting untuk pertumbuhan anak di TUM.Dari TUM ketika Raffa akan memulai MPASI pertamanya saya belajar tentang Baby Led-Weaning ,pengetahuan yang benar-benar baru untuk saya,setelah mengikuti diskusi yang terjadi dalam TUM, saya memutuskan untuk mencobanya,walaupun akhirnya tidak sepenuhnya BLW tapi karena mempraktekkan Raffa dari umur 6 bulan sudah biasa memakan buah/sayuran seperti pisang,brokoli bahkan ketimun sendiri walaupun saat itu giginya belum tumbuh,dan kini saat umurnya 1th keinginannya untuk bisa makan sendiri sangat besar dan dia sudah cukup mahir menggunakan sendoknya,i feel so proud :")
Lalu ada masa dalam kehidupan keluarga saya,dimana ekonomi cukup sulit dan kita dituntut untuk lebih bijaksana menggunakan uang dan sumber daya,tak disangka saya mendapatkan inspirasi  dan kekuatan lagi dari The Urban Mamas/TUMblers dengan membaca salah satu forumnya the frugal living,benar-benar pas dengan apa yang sedang terjadi dalam keluarga kami,saya jadi termotivasi dan muncul keyakinan bahwa keputusan besar dalam rumah tangga kami saat itu mengenai finansial adalah keputusan yang tepat untuk masa depan keluarga kami.BTW di forum itu dijelaskan cara-cara menghemat sampai dengan tips beli makanan fast food dengan cermat  *those moms are awesome right?! :D* .
Inspirasi? Yup,The Urban Mama totally inspire me :) mulai dari hal-hal dasar menjadi seorang ibu, mengatur finansial,sampai masak-memasak dan sekolah anak nantinya. Gara-gara TUM saya juga baru tahu tentang sekolah alam yang ternyata sungguh baik untuk anak-anak,bahkan saya benar-benar berpikir untuk segera mendaftar 2 tahun lagi :)))
Oh ya, Suami saya bukan pembaca setia TUM,dia lebih banyak tahu dari saya,tapi semua ide yang terlontar karena TUM dia sambut dengan senang hati hehehe *FYI, dia seorang yang sangat kritis lho :D*
Terlalu banyak tips dan ide yang muncul dari The Urban Mama untuk ditulis disini,yang pasti semua tips-tips itu selalu terpatri dalam ingatan saya hehehe :D
The Urban Mama benar-benar membantu keluarga kami tumbuh,tepatnya TUM telah membuat saya tumbuh dan lebih percaya diri sebagai istri dan seorang ibu dan keluarga saya pun merasakan dampaknya.Saya sangat berterimakasih pada pendiri TUM,karena telah berhasil membuat dan menjaga forum sehingga selalu informatif,cozy dan penuh dengan inspirasi.Semoga The Urban Mama selalu hidup dan menjadi bagian dari setiap New Mamas diluar sana *i totally recommend every new mom to check it out! :D*.
---Thanks The Urban Mamas,happy 1st Anniversary,in here i feel like watching and heared by thousands Oprah * like her i love you so much and you're all are my inspiration* :D  --



The Urban Mama Writing Contest

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. hi asti, ini riri, temen SD. inget ngga..? :p
    lg browsing2 TUM, malah nemu blog asti.
    anyway, nice article. good luck untuk contestnya yah! :)

    BalasHapus
  3. halooo..iya ingeet bangeet :DD,makasi yaa..lo ikutan jg?..tadinya mau nyapa say di Fan Page TUM pas liat dirimu ikutan kontes juga tp gak enak takut ganggu hehehe :D dirimu ikut twitter tdk?usernya apa?

    BalasHapus
  4. hihi.. blm dikasih tau id twitter, udah follow duluan.
    tau drmn Ti?
    gw ngga ikutan kontes, jd voter aja deh :D

    BalasHapus